Ciri-ciri Daging Kuda, Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Kenal Lebih Dekat Dengan Daging Kuda, Karakteristik, Kandungan Nutrisi dan Manfaatnya Sebagai Sumber Protein Hewani dan Kesehatan, Apakah Daging Kuda Halal?

Didaerah-daerah tertentu di negara kita ada sebagian masyarakatnya yang sangat familiar dengan daging kuda yang ternyata disamping lezat juga bermanfaat. Daging kuda maksudnya ialah daging yang dihasilkan dari kuda yang disembelih. Daging kuda rasanya agak manis, empuk, rendah lemak, dan berprotein tinggi. Mirip dengan daging sapi , meski demikian di daerah tertentu daging kuda dianggap tabu dalam banyak kebudayaan.
Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun. Tahukah anda bahwa ternyata daging kuda selain sebagai sumber protein juga bermanfaat bagi kesehatan?
Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan makanan yang berasal dari daging kambing, daging sapi, ataupun daging ayam, bisa jadi salah satu makanan yang disebutkan tadi adalah makanan favorit Anda. Tapi, pernahkah Anda mencoba makanan yang bahan dasarnya berasal dari daging kuda?

Ya, daging kuda memang masih terdengar asing di tengah masyarakat Indonesia yang hanya sebagian kecil saja mengkonsumsi daging kuda ini. Namun, bagi sebagian orang yang sudah terbiasa memakan makanan ini ini berpendapat bahwa daging kuda terasa enak dan kaya akan gizi.
Nutrisi Daging Kuda, dalam 100 gram daging kuda mengandung:
  1. Protein sebanyak 18,1 gr,
  2. Energi sebanyak 118 kkal,
  3. Lemak sebanyak 4,1 gr,
  4. Kalsium sebanyak 10 mg,
  5. Zat Besi sebanyak 3,82 mg.
  6. Fosfor sebanyak 150 mg,
  7. Karbohidrat sebanyak 0,9 gr,
Hukum Daging Kuda - Halal Atau Haram?

Masih jarangnya daging kuda dikonsumsi salah satunya dikarenakan masyarakat masih ragu akan kejelasan status dari daging kuda ini. Dalam benak mereka masih ada pertanyaan dan pertimbangan seputar status kuda yang dimakan dagingnya. Halal atau haramkah kuda yang dimakan dagingnya ini?

Perhatikan hadits berikut:

"Abu Dawud dan Nasa’i meriwayatkan bahwa suatu hari Nabi saw bersama para sahabatnya memakan daging kuda dan melarang para sahabat untuk memakan daging keledai (Humur Al-Ahliyah)."

"Daar Al-Quthni meriwayatkan bahwa para sahabat pernah memakan daging kuda serta meminum susunya, hal ini terjadi ketika mereka sedang melakukan perjalanan bersama Nabi."

“Asma' binti Abu bakar berkata: "Pada zaman Nabi saw kita pernah menyembelih seekor kuda dan ketika itu kami berada di Madinah dan kemudian kami memakannya. (Mutafaq 'alaihi).

Hadits merupakan suatu perbuatan yang dilakukan oleh Rasulullah Saw. Bagi umat Islam, hadits ini dipakai untuk menentukan suatu perkara yang masih belum jelas keberadaannya. Contohnya dalam hal mengenai kuda yang dimakan dagingnya tadi. Nah, dari hadis itulah diketahui bahwasanya pada zaman dahulu pun Rasulullah pernah memakan daging kuda, berarti dagingnya kuda tersebut halal untuk dimakan.

Ciri-Ciri Umum dan Khas Daging Kuda

Anda pasti sudah mengenali jenis daging-daging yang biasa Anda konsumsi, ciri tersebut bisa Anda kenali mulai dari warna, bau, ataupun tekstur dari jenis daging tersebut. Begitu pun juga dengan dagingnya kuda, terdapat ciri-ciri khusus yang harus kita kenali dari daging kuda, yaitu:

1. Warnanya sangat merah menyerupai daging sapi.
2. Jika dimasak daging kuda ini rasanya manis dan sangat empuk.
3. Dagingnya kuda memiliki kandungan gizi yang tinggi yaitu banyak mengandung protein.
4. Rendah lemak.
5. Serabut otot besar dan panjang, konsistensi padat, diantara serabut tidak ditemukan lemak.
6. Lemak berwarna kuning emas dengan konsistensi lembek.


Manfaat Kesehatan Daging Kuda

Dagingnya kuda ini mempunyai manfaat yang sangat banyak karena banyak mengandung protein. Daging kuda ini tidak membahayakan bagi kesehatan, justru daging ini akan memberi banyak manfaat untuk kesehatan kita, seperti:

1. Mengobati pegal-pegal, linu, dan rematik.
2. mengobati penyakit asma.
3. Mengobati kaligata.
4. Mengobati epilepsi.
5. Menambah vitalitas tubuh.
Penjelasan singkat manfaat daging kuda bagi kesehatan :
  1. Menambah stamina tubuh. Sudah sejak dahulu daging dipercaya dapat menambah stamina tubuh. Daging kuda ini lebih banyak dikonsumsi oleh para laki – laki. Kandungan protein yang cukup tinggi dibandingkan dengan daging sapi dan daging ayam membuat daging kuda ampuh menambah energi tubuh kita.
  2. Mengobati penyakit rematik
  3. Menyembuhkan pegal linu. Daging kuda dapat menyembuhkan pegal linu karena dalam 100 gram daging kuda mengandung 3.82 mg zat besi. Zat besi ini lah dapat menghilangkan pegal linu pada tubuh kita. Selain itu, zat besi juga dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita semakin baik.
  4. Menyembuhkan epilepsi
  5. Sebagai menu diet. Kandungan lemak yang rendah pada daging kuda membuat daging yang satu ini cocok untuk para wanita dan laki – laki yang ingin memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal. Daging kuda sebagai menu diet sangatlah baik, karna daging ini dapat menggantikan daging ayam dan daging sapi yang sebenernya lebih berlemak dibandingkan daging kuda. Mengkonsumsi daging kuda tidak akan membuat tubuh kita menjadi gendut.
  6. Menjaga kolesterol tetap stabil. Kandungan kolesterol yang rendah pada daging kuda dipercaya cocok untuk menjaga kestabilan kolesterol pada tubuh kita. Dalam 100 gram daging kuda hanya mengandung 50-60 mg kolesterol. Angka itu lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam dan daging sapi.
Diolah dari berbagai sumber

Postingan populer dari blog ini

Sapi Hasil Silangan PO - Limousin dan Simental - PO, Apa Bedanya?

Segudang Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Cara Membuat Silase Tebon Jagung dan Rumput Gajah Sebagai Metode Pengawetan Hijauan

Mengenal Buah Kapulasan (Tenggaring) Yang Mirip Rambutan

Macam-macam Jenis Burung Trucukan Yang Terkenal Lantang

Apa Arti ADG (Average Daily Gain) Dalam Usaha Penggemukan Sapi

Tutorial Menghapus Aplikasi Bawaan atau Bloatware (Debloat) Sony Xperia Global, Docomo, Au dan Softbank Tanpa Root

Tutorial Backup TA, UBL, dan Root Sony Xperia X Compact Docomo (SO-02J)

Cara Memperbaiki Kesalahan iTunes 3600

Cara Membuat Pakan Puyuh Sendiri, Ini Macam-macam Contoh Formulanya