Salah Satu Tulang Punggung Pembibitan Sapi, BBIB Singosari Malang


Lebih Dekat Dengan BBIB Singosari Malang Yang Memiliki Motto " Setetes Mani Sejuta Harapan "
Pelaku peternakan di Jawa Timur terutama yang menekuni pengembangbiakkan sapi baik sapi potong maupun perah sebagian besar sudah sangat mengenal BBIB Singosari. Saat peternak membutuhkan semen untuk inseminasi buatan dengan bibit unggul maka BBIB salah satu solusinya. Semen sapi-sapi potong unggul seperti jenis limousin dan simmental dan bahkan sudah ada 9 jenis semen beku dari 9 bangsa sapi yang tersedia di BBIB Singosari dengan harga yang sangat terjangkau sesuai dengan tugas dan komitmennya untuk memajukan peternakan Indonesia.
Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari merupakan Unit Pelaksana teknis (UPT) Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Sesuai dengan Surat Keputusan menteri Pertanian No. 681/Kpts/OT.140/11/2004, tanggal 25 Nopember 2004, BBIB Singosari merupakan Unit Pelaksana Teknis eselon 2b yang bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Dengan pengalaman lebih dari dua puluh delapan tahun BBIB Singosari telah memproduksi semen beku dari sembilan bangsa sapi (Limousine, Simental, Aberdeen Angus, Brangus, Brahman, Ongole, Madura, Bali dan Friesien Holstein) dan dua bangsa kambing (Peranakan Ettawa dan Boer).

BBIB Singosari memiliki motto "Setetes Mani Sejuta Harapan" yang telah terregistrasi di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia no IDM000138723. Dengan motto tersebut BBIB Singosari senantiasa memproduksi semen beku berkualitas sesuai dengan SNI 01-4869,1-2008, dengan menggunakan bahan pengencer yang berkualitas dan mesin - mesin modern. Sebagai jaminan terhadap kualitas semen beku produksi BBIB Singosari, Laboratorium Uji Mutu Semen BBIB Singosari telah terakreditasi yang ke dua kali pada tanggal 19 Pebruari 2010, menerapkan dan memelihara Sistem Mutu sesuai ISO/IEC 17025:2005.

BBIB Singosari memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan dunia peternakan di Indonesia. Hal ini diwujudkan dalam bentuk Program Progeny Testing / Uji Zuriat yang telah dilaksanakan bekerjasama dengan pemerintah Jepang dalam proyek ATA - 233 (The Strengthening of Singosari AI Centre). Program ini telah menghasilkan FH Elite Indonesia yang memiliki mutu genetic yang tinggi dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap iklim tropis.


VISI dan MISI

Visi BBIB Singosari adalah:

KOMERSIALISASI POTENSI SINGOSARI MENUJU PASAR INTERNASIONAL

Guna mewujudkan visi yang ada maka BBIB Singosari menetapkan misi sebagai berikut:

1. Meningkatkan produksi dan diversifikasi semen beku serta produk layanan penunjang yang berkualitas.
2. Melaksanakan replacement pejantan dan produksi bibit unggul secara berkesinambungan yang ditunjang oleh optimalisasi pakan ternak dan biosecurity.
3. Meningkatkan profesionalisme SDM melalui pendidikan dan pelatihan serta promosi dan penempatan berdasarkan kompetensi guna tercapainya kesejahteraan.
4. Mengoptimalkan fasilitas serta meningkatkan nilai tambah aset fisik dan intelektual dengan pengembangan teknologi dan pendaftaran hak paten merek.
5. Meningkatkan kualitas pelayanan, pemasaran dan penjualan produk, monitoring dan evaluasi.
6. Meningkatkan tertib administrasi dan keuangan, efisiensi dan akuntabilitas, koordinasi dan komunikasi serta pelayanan guna mewujudkan manajemen bisnis modern.


Itulah sekilas tentang BBIB Singosari yang sangat berperan dalam dunia pembibitan ternak di Jawa Timur dan berkantor di Malang. Jangan segan untuk menghubungi BBIB Singosari saat anda membutuhkan semen beku dari berbagai jenis bangsa sapi berkualitas. Silahkan hubungi kontaknya dibawah ini.

KONTAK BBIB SINGOSARI MALANG :
  • Kotak Pos 08 - Singosari, Malang - 65153
  • bbib.singosari@gmail.com / info@bbibsingosari.com
  • (0341) 458359, 458669, 454331 (0341) 458359


Sumber:

bbibsingosari.ditjenpkh.pertanian.go.id/index.php/profil/?lang=id
https://e-katalog.lkpp.go.id/backend/katalog/info_penyedia/231086

    Postingan populer dari blog ini

    Sapi Hasil Silangan PO - Limousin dan Simental - PO, Apa Bedanya?

    Segudang Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

    Cara Membuat Silase Tebon Jagung dan Rumput Gajah Sebagai Metode Pengawetan Hijauan

    Mengenal Buah Kapulasan (Tenggaring) Yang Mirip Rambutan

    Macam-macam Jenis Burung Trucukan Yang Terkenal Lantang

    Apa Arti ADG (Average Daily Gain) Dalam Usaha Penggemukan Sapi

    Tutorial Menghapus Aplikasi Bawaan atau Bloatware (Debloat) Sony Xperia Global, Docomo, Au dan Softbank Tanpa Root

    Tutorial Backup TA, UBL, dan Root Sony Xperia X Compact Docomo (SO-02J)

    Cara Memperbaiki Kesalahan iTunes 3600

    Cara Membuat Pakan Puyuh Sendiri, Ini Macam-macam Contoh Formulanya