Cuka Apel, Benarkah Bermanfaat Bagi Kesehatan?

Manfaat Cuka Apel, Benarkah Seperti Yang Beredar di Media?

Booming penggunaan cuka apel untuk membantu menjaga kesehatan semakin marak dipicu banyaknya artikel di media blog dan medsos yang mengunggah banyaknya manfaat cuka apel. Bahkan cuka apel ini juga dipercaya bisa untuk mengobati berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang menuruk info media bisa diatasi dengan cuka apel antara lain:

Kolesterol tinggi
Diabetes
Obesitas

Cuka apel juga dipercaya bisa untuk menurunkan berat badan karena cuka apel ini bisa membuat kenyang lebih lama.

Diantara manfaat cuka apel tersebut diatas sebenarnya yang manakah yang benar terbukti dan tidak hanya mitos serta anggapan belaka?

Memang sudah beredar anggapan luas bahwa cuka apel dianggap memiliki efek positif bagi tubuh.

Benarkan Cuka Apel Bisa Untuk Menurunkan berat badan?

Cuka apel dianggap bisa meredam nafsu makan dan membakar lemak. Tetapi kenyataannya bukti bukti dari klaim terhadap hal ini masih sangat minim. Bisa dikatakan bahwa manfaat cuka apel untuk menurunkan berat badan adalah mitos belaka.

Fakta yang sebenarnya justru wajib diwaspadai adalah rasanya yang sangat asam dan berisiko memberikan masalah pencernaan bagi mereka yang belum terbiasa mengonsumsinya. Selain itu, cuka apel justru dapat mengiritasi tenggorokan, apalagi jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak.

Benarkah Cuka Apel Bisa Membuat Kenyang  Lebih Lama?

Sebuah uji klinis dilakukan terhadap 12 individu dan menyimpulkan bahwa cuka apel membuat mereka merasa lebih cepat kenyang. Para partisipan dalam uji klinis tersebut diminta untuk mengonsumsi roti dengan cuka apel dan hanya mengonsumsi roti. Hasilnya, 12 individu ini mengatakan bahwa mengonsumsi cuka apel dan roti membuat mereka lebih cepat kenyang dibandingkan saat hanya mengonsumsi roti.

Karena hanya diujikan kepada 12 orang, manfaat cuka apel untuk membuat seseorang lebih kenyang belum bisa dijadikan sebagai pegangan. Selanjutnya dibutuhkan pembuktian lebih lanjut dengan melibatkan partisipan yang lebih banyak untuk membuktikan hal ini.

Benarkah Cuka Apel Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes?

Cuka apel mungkin bermanfaat sebagai pengontrol tekanan darah dan diabetes. Bahkan, cuka apel dianggap memiliki dampak yang mirip dengan obat-obatan kedua gangguan kesehatan tersebut.

Cuka apel dinilai memiliki manfaat untuk memblokir beberapa jenis tepung di dalam pencernaan. Meski tidak bersifat sepenuhnya, namun setidaknya mampu mencegah beberapa jenis tepung untuk dicerna sehingga mencegah peningkatan kadar gula darah.

Meski manfaat ini dinilai sebagai fakta, namun lebih baik cuka apel jangan dijadikan pilihan utama. Siapa pun yang hendak mengontrol kadar gula darah, dianjurkan untuk berfokus pada diet makanan sehat daripada hanya mengandalkan cuka apel.

Cuka apel juga perlu diwaspadai bagi siapa pun yang menderita gastroparesis alias kelainan motilitas lambung yang membuat pengosongan lambung tertunda. Bahkan bagi yang tidak memiliki gangguan kesehatan selain diabetes, berkonsultasi kepada dokter merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan bagi siapa pun yang ingin mengonsumsinya.

Benarkah Cuka Apel Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Dalam Darah?

Kolesterol jahat bisa meningkatkan risiko seseorang terkena beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan hipertensi. Asam asetat di dalam cuka apel dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sayangnya, penelitian ini masih sebatas menggunakan tikus dan belum ada penelitian terhadap manusia.

Meski dianggap menjanjikan, namun pemakaian untuk tujuan tersebut belum direkomendasikan. Penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk membuktikannya. Dengan demikian, manfaat cuka apel untuk menurunkan kadar kolesterol jahat masih dianggap mitos.

Makanan atau zat-zat tertentu sering kali dianggap berkhasiat baik terhadap kesehatan. Keberadaannya yang sudah lazim di tengah masyarakat turut menguatkan anggapan yang ada. Tidak ada salahnya untuk mencari informasi klinis yang valid atau tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan kepastiannya.

Postingan populer dari blog ini

Sapi Hasil Silangan PO - Limousin dan Simental - PO, Apa Bedanya?

Segudang Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Cara Membuat Silase Tebon Jagung dan Rumput Gajah Sebagai Metode Pengawetan Hijauan

Mengenal Buah Kapulasan (Tenggaring) Yang Mirip Rambutan

Macam-macam Jenis Burung Trucukan Yang Terkenal Lantang

Apa Arti ADG (Average Daily Gain) Dalam Usaha Penggemukan Sapi

Tutorial Menghapus Aplikasi Bawaan atau Bloatware (Debloat) Sony Xperia Global, Docomo, Au dan Softbank Tanpa Root

Tutorial Backup TA, UBL, dan Root Sony Xperia X Compact Docomo (SO-02J)

Cara Memperbaiki Kesalahan iTunes 3600

Cara Membuat Pakan Puyuh Sendiri, Ini Macam-macam Contoh Formulanya