Mengapa Jamaah Haji Berusaha Mencium Hajar Aswad?

الحجر الاسود ياقوته بيضاء من ياقون الجنة وانما سودته خطليا المشركين يبعث يوم القيامة مثل احد يشهد لمن استلمه وقبله من اهل الدنيا (رواه خزيمه ابن عباس).

“Hajar Aswad adalah batu
yaqut yang berwarna putih dari surga, kemudian menjadi hitam karena dosa-dosa musyrikin. Kelak di hari kiamat akan dibangkitkan sebesar bukit uhud, lalu memberikan kesaksian untuk penduduk dunia yang pernah memegang dan menciumnya (hadapan Allah) 

انى اعلم انك حجر لاتضر ولاتنفع ولولاانى رايت رسول الله صلى الله عليه وسلم يفبلك ماقبلتك. (رواه البخارى ومسلم وابو داود).

“Sungguh aku mengetahui bahwa engkau hanyalah batu, kamu tidak mampu memberi mudharat maupun manfaat, sekiranya aku tidak melihat Rasulullah SAW. Menciummu niscaya aku tidak akan menciummu.”

وَالْعَمَلُ عَلَى هَذَا عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ يَسْتَحِبُّونَ تَقْبِيلَ الْحَجَرِ فَإِنْ لَمْ يُمْكِنْهُ وَلَمْ يَصِلْ إِلَيْهِ اسْتَلَمَهُ بِيَدِهِ وَقَبَّلَ يَدَهُ وَإِنْ لَمْ يَصِلْ إِلَيْهِ اسْتَقْبَلَهُ إِذَا حَاذَى بِهِ وَكَبَّرَ وَهُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ
Diamalkan oleh para ulama, mereka menyunnahkan mencium Hajar Aswad, jika tidak memungkinkan dia boleh menyentuhnya dengan tangan kanannya lalu mencium tangannya. Jika tidak juga memungkinkan, cukup dengan menghadap kepadanya dan bertakbir. Pendapat inimerupakan perkataannya Syafi'i."

Kesimpulan sunnah mencium hajar aswad,,tidak syirik,,cz Rasul saja menciumnya,,
Syirk dan tdk tergntung keyakinan di hati,,pun adoh2 ten mekkah (hajar aswsd),,misal,, jenengan ten dokter terus dikasih obat,,terus senbuh,,lntas di hati pean yakin bhwa dg obat ini pean sembuh,,itu jg syirk,,yg menyembuhkan itu Alloh,,obat dokter hanya wasilah (perantara) ikhtiar qt sehingga dg perantaraan obat itu Alloh memberikan kesrmbuhan..

والله اعلم

Postingan populer dari blog ini

Sapi Hasil Silangan PO - Limousin dan Simental - PO, Apa Bedanya?

Segudang Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Cara Membuat Silase Tebon Jagung dan Rumput Gajah Sebagai Metode Pengawetan Hijauan

Mengenal Buah Kapulasan (Tenggaring) Yang Mirip Rambutan

Macam-macam Jenis Burung Trucukan Yang Terkenal Lantang

Apa Arti ADG (Average Daily Gain) Dalam Usaha Penggemukan Sapi

Tutorial Menghapus Aplikasi Bawaan atau Bloatware (Debloat) Sony Xperia Global, Docomo, Au dan Softbank Tanpa Root

Tutorial Backup TA, UBL, dan Root Sony Xperia X Compact Docomo (SO-02J)

Cara Memperbaiki Kesalahan iTunes 3600

Cara Membuat Pakan Puyuh Sendiri, Ini Macam-macam Contoh Formulanya