Pedoman Sederhana Pemberian Pakan Ternak Sapi Potong

Peternak kecil dipedesaan yang masih kurang mengetahui kemajuan teknologi penggemukan sapi kebanyakan masih memberi pakan sapi dengan prinsip yang penting sapinya kenyang. Banyak dari mereka yang kemudian bingung karena sapinya tidak kunjung gemuk meski sudah menghabiskan pakan yang banyak. Seyogyanya seorang peternak memang harus mengetahui dasar-dasar ilmu pakan ternak meskipun yang paling sederhana agar hasil penggemukan sapi potongnya bisa optimal. Berikut ini sedikit dasar-dasar pemberian pakan ternak untuk usaha penggemukan sapi potong yang bisa dilakukan peternak di pedesaan.

Pada umumnya pakan untuk pembesaran sapi potong terdiri atas hijauan dan pakan tambahan (konsentrat). Hijauan dapat diberikan sebanyak 10% dari berat sapi, berupa campuran rumput, legume, daun nangka, daun lamtoro, gliricidae atau limbah pertanian lainnya. Pakan tambahan diberikan sebanyak 1,5% dari berat sapi, berupa bekatul/dedak padi, polar, kulit kedelai, ampas ketela atau campuran diantara bahanbahan tersebut.

Hijauan yang diberikan pada sapi potong dapat berupa rumput + legume/daun- daunan/jerami padi dengan perbandingan 60 : 40 atau rumput + legume/daun-daunan + jerami padi perbandingan 40 : 40 : 20. Sapi potong yang mendapatkan pakan berupa rumput, hanya cukup untuk pemenuhan kebutuhan hidup, namun tidak cukup untuk pertumbuhan yang ideal. Dengan demikian, penambahan pakan berupa daun-daunan, legume, atau konsentrat sangat diperlukan.

Konsentrat yang diberikan untuk sapi potong dapat berupa bekatul, campuran bekatul dan polar dengan perbandingan 50 : 50 atau bekatul ditambah polar ditambah ampas ketela/kulit kedelai dengan perbandingan 40 : 40 : 20.





Tetes tebu dan garam secukupnya dapat ditambahkan pada pakan untuk meningkatkan nafsu makan sapi, terutama bila pakan menggunakan limbah pertanian, misalnya jerami padi.

Daftar ilustrasi pemberian hijauan dan konsentrat pada ternak sapi potong kereman berdasarkan berat badan sapi:




Postingan populer dari blog ini

Sapi Hasil Silangan PO - Limousin dan Simental - PO, Apa Bedanya?

Segudang Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Cara Membuat Silase Tebon Jagung dan Rumput Gajah Sebagai Metode Pengawetan Hijauan

Mengenal Buah Kapulasan (Tenggaring) Yang Mirip Rambutan

Macam-macam Jenis Burung Trucukan Yang Terkenal Lantang

Apa Arti ADG (Average Daily Gain) Dalam Usaha Penggemukan Sapi

Tutorial Menghapus Aplikasi Bawaan atau Bloatware (Debloat) Sony Xperia Global, Docomo, Au dan Softbank Tanpa Root

Tutorial Backup TA, UBL, dan Root Sony Xperia X Compact Docomo (SO-02J)

Cara Memperbaiki Kesalahan iTunes 3600

Cara Membuat Pakan Puyuh Sendiri, Ini Macam-macam Contoh Formulanya